Subscribe RSS
Seng akan lupa tampa beta putus pusa …..ambon manise……. Aug 12

amq

Ambon, ibu kota provinsi maluku dengan jumlah penduduk sebanyak 387.475 jiwa pada tahun 2014, memiliki lebih dari 1001 alasan yang akan membuat anda terpukau dan juga bangga baik menjadi orang ambon itu sendiri maupun warga indonesia pada umumnya.

Ambon. Setelah mendengar kata ambon apa yang ada di benak anda? Sebagian besar orang pasti menyebutkan kata “manise” ambon manise. That right. lantas tahukah anda arti dari “ambon manise”? Manise artinya manis/cantik jadi ambon yang manis atau cantik. Perlu bukti? Ngak usah jauh-jauh datang ke maladewa datang aja ke pantai ora Maluku

oora

 

Saya sendiri juga tidak tahu pastinya sejak kapan kata “manise” ini melekat di belakang kata ambon. Namun, menurut beberapa sumber kata “manise” ini diberikan oleh bangsa china pada abad ke tujuh karena terpukau oleh pesonanya.* Jadi bukannya kami memuji diri sendiri tapi memang begitu nyatanya. China ajah kagum masa elu nggak sih wkwk.

Seperti kata pepatah, Orang Ambon itu parsis macang pohon sagu, tar bae di luar tapi barsi di dalam yang kurang lebih artinya Orang Ambon itu seperti pohon sagu, meskipun di luarnya tampak hitam, sangar, menakutkan tapi di dalamnya bersih seperti saripati sagu itu sendiri. Jadi jangan menilai sesuatu dari luarnya saja.

“Katong samua basudara” (kita semua bersaudara) bukan cuman sekedar kata-kata karena pada dasarnya orang ambon memang betul-betul menghidupi falsafah ini. Konfik islam-kristen di ambon tahun 1999-2000 yang sangat rumit, bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat sehingga mengundang decak kagum dari berbagai negara di belahan dunia karena tidak sedikit yang berasumsi bahwa konflik di ambon akan tetap berlangsung dalam renggang waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, tepat sekali tanah ambon terpilih menjadi tempat berpijaknya gong perdamaian dunia.

Berbicara tentang kekayaan alam dan kearifan lokal di ambon, maka tidak akan pernah habis kita urai satu persatu bagai menghitung halaian rambut kita sendiri. Ambon itu terlalu menarik. Makanya itu sebagai generasi muda ambon patut kita jaga dan lestarikan apa yang sudah ada.

Dan jangan lupa untuk bangga menjadi bagian dari tanah ambon….

Salam manis dari beta vor ambon tercinta

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in